#

Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kota Semarang Periode 2021-2022

Admin Pelatihan 27 Januari 2021 - 15:59:29 Bidang Pelatihan

fkjp

Jumlah angkatan kerja dan pengangguran di Kota Semarang setiap tahun terjadi peningkatan baik berasal dari lulusan SMA/SMK maupun Perguruan Tinggi dari berbagai disiplin Ilmu. Tingginya angka pengangguran ini adalah merupakan tanggung jawab Pemerintah untuk mengatasinya sesuai dengan amanah konstitusi negara.

Permasalahan lain yang tidak kalah pelik adalah adanya kesenjangan antara kualitas lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan terhadap dunia industri. Banyak lulusan dari lembaga pendidikan ataupun lembaga pelatihan yang belum siap kerja karena adanya ketidaksesuaian antara materi yang diajarkan dengan kebutuhan perusahaan. Kesenjangan yang paling menonjol adalah dari segi kurikulum, sarana, prasarana serta ketrampilan dari tenaga pengajar yang tertinggal dari dunia industri.

Melalui Rapat Koordinasi FKJP pada hari Rabu, 27 Januari 2021 di Ruang Rapat Lantai.2 Kantor Disnaker Kota Semarang, dipimpin oleh Ibu Dra. Ririh Iswahyuni Kussaptarinah, MM selaku Kabid. Pelatihan Tenaga Kerja, didampingi ibu Siti Nooraidah, SH selaku Kasie Pengembangan, Analisa Kebutuhan Pelatihan serta Apindo sebagai Asosiasi Pengusaha bersama elemen masyarakat terkait, besar harapan semua pihak terkait dapat berperan aktif mensukseskan Pelatihan dan Pemagangan di setiap tahunnya bersama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang.

 

Pemagangan diharapkan dapat menjadi jembatan antara dunia industri dengan lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan. Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) memiliki tujuan untuk mengurangi jarak antara kebutuhan perusahaan dengan kemampuan pencaker di Kota Semarang melalui fasilitasi, komunikasi, koordinasi dan sinergitas antara lembaga penyedia tenaga kerja dengan dunia industri.(maha)

Copyright © 2014 - 2020 Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang.